Jumat, 28 September 2007

Role-Playing Game

Salah satu genre game yang berkembang pesat saat ini adalah role-playing game atau biasa disebut RPG. Banyak game-game yang melegenda terutama untuk console playstation yang saya ketahui dalam genre ini seperti Final Fantasy series, Suikoden series, Tales series dan lain-lain.

RPG adalah genre game dimana pemain menjalankan suatu karakter dan mengikuti alur cerita game tersebut. Pemain menentukan tindakan apa yang akan diambil oleh karakter game-nya dan mengembangkan karakternya secara bebas sesuai dengan keinginan pemain dalam pilihan-pilihan yang tersedia.

Statistik biasanya sangat dominan dalam genre ini. Statistik adalah gambaran dari karakter yang dimainkan seperti level, kekuatan, agilitas, intelejensi yang sangat umum digambarkan dalam bentuk angka. Skill, magic dan berbagai ability lainnya juga sering digambarkan dalam angka-angka statistik.

Pada awal permainan, pemain mempunyai kesempatan untuk menciptakan suatu karakter dengan atribut-atribut permulaan seperti kekuatan serangan fisik yang lebih kuat atau serangan magic yang lebih kuat, dan seiring berjalannya alur cerita permainan, karakter memperoleh experience untuk meningkatkan levelnya. Pada titik tertentu, karakter harus menghadapi boss dalam cerita untuk dapat melanjutkan ceritanya. Apabila karakter tidak mampu mengalahkan bos tertentu, maka ada kemungkinan dia belum mencapai suatu level yang harus dicapai, walaupun belum tentu demikian. Hal ini berarti karakter harus mencari musuh-musuh non-boss dalam bentuk random encounter (kecenderungan game RPG dulu) atau musuh yang terlihat (kecenderungan game RPG sekarang) untuk memperoleh experience guna meningkatkan level. Biasanya ada trik-trik tertentu agar bisa mengalahkan boss tersebut walaupun dengan level yang rendah, seperti dengan skill tertentu atau magic tertentu yang menjadi kelemahan dari boss tersebut. Pemain harus jeli untuk dapat mengetahui kelemahan boss tersebut agar dapat dengan mudah mengalahkannya.

Unsur-unsur alam seperti fire, water, air, ice, thunder, dan lain sebagainya juga menjadi salah satu ciri RPG. Unsur-unsur alam tersebut bisa melekat dalam bentuk skill karakter maupun magic ability, bahkan pada senjata-senjata atau perlengkapan yang digunakan karakter. Boss juga bisanya mempunyai unsur alam tersebut sehingga dapat diketahui kelemahannya, seperti boss dengan unsur api yang kuat, maka dia akan lemah terhadap unsur es, dan sebaliknya.

Hal lainnya yang sering ada dalam game RPG adalah puzzle. Teka teki ini biasanya ada untuk membuka suatu wilayah tertentu dalam game atau untuk dapat melanjutkan suatu cerita, atau bahkan membuka rahasia-rahasia yang ada. Game RPG memang biasanya selalu memiliki rahasia-rahasia yang kadang sangat mudah untuk terlewatkan apabila pemain kurang jeli. Rahasia tersebut biasanya tidak harus dilakukan atau tidak akan mempengaruhi cerita yang dapat berupa item-item tertentu yang dapat diperoleh untuk mempermudah dalam melawan boss, atau justru berupa boss-boss optional yang justru sangat tangguh bahkan bila dibandingkan dengan final boss.

Karakter biasanya tidak sendirian, namun berupa tim yang terdiri lebih dari dua karakter, bahkan bisa mencapai puluhan (seperti dalam suikoden yang terkenal dengan 108 stars of destiny plus karakter-karakter rahasia non destiny). Karakter dapat direkrut sesuai dengan alur cerita, atau dapat berupa rahasia yang harus direkrut melalui cara tertentu. Terdapat juga karakter-karakter non-playable yang membantu memberikan informasi-informasi yang diperlukan dalam memainkan game. Beberapa game RPG juga kadang-kadang memiliki berbagai ending yang berbeda, sesuai dengan tindakan yang diambil oleh karakter dalam memilih opsi-opsi yang ada selama permainan, atau terungkapnya rahasia-rahasia game yang mempengaruhi ending.

Masih banyak hal yang bisa diceritakan mengenai game genre RPG, namun gambaran sekilas di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman yang cukup mengenai genre RPG.

Tidak ada komentar: